Waduh, Jadwal Imsakiyah NU dan Muhammadiyah Beda 8 Menit

184

BANYUMAS, nubanyumas.com – Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H/ 2021 M antara Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah berbeda 8 menit. NU akan berimsak lebih awal dibandingkan dengan imsaknya Muhammadiyah.

Menanggapi hal itu, ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah Prof Dr Abu Rokhmad Musaki meminta agar umat Islam tidak perlu bingung terkait jadwal imsakiyah yang berbeda.

“Umat tidak perlu bingung ataupun ragu terhadap adanya dua imsak, yaitu imsaknya NU dan imsaknya Muhammadiyah. Orang NU akan berimsak 8 menit lebih awal daripada imsaknya warga Muhammadiyah,” katanya dalam siaran persnya, Sabtu (10/4/2021).

Ia mengatakan dua jadwal imsakiyah yang berbeda ini merupakan implikasi dari keputusan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah yang mengoreksi jadwal shalat subuh lebih lambat 8 menit dari shalat subuh biasanya.

“Kajian hisab PP Muhammadiyah menunjukkan bahwa tinggi matahari -18 derajat, sedangkan kajian Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama dan Lajnah Falakiyyah PBNU menunjukkan tinggi matahari -20 derajat,” jelasnya.

Menyikapi hal itu, MUI Jateng mengimbau umat Islam untuk tidak bingung dan resah serta tetap menjaga kesejukan dan ukhuwah Islamiyah dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun 2021 M.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here