Super Blood Moon Bisa Terlihat Dari Banyumas

157
super blood moon bisa terlihat dari banyumas

PURWOKERTO, nubanyumas.com – Gerhana Bulan Total (GBT) Akan terjadi Rabu, (26/05/2021) Malam. Berdasarkan data yang dihimpun nubanyumas.com dari berbagai sumber. Gerhana bulan akan berlangsung selama 3 jam 8 menit, dari pukul 16.43 WIB hingga pukul 19.51 WIB Namun, masyarakat Banyumas dapat menyaksikan GBT dari pukul 18.08 WIB sampai pukul 19.26 WIB.

Gerhana Bulan (al-khusuf al-qomar) adalah peristiwa terhalanginya sinar Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan, dilihat dari Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini terjadi saat Bulan berada di umbra Bumi, yang berakibat, saat puncak gerhana bulan total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah (terkenal dengan istilah Blood Moon) dan tertutup bumi.

Karena posisi Bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (Perigee), maka Bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga sering disebut dengan Super Moon. Sehingga, Gerhana Bulan Total tanggal 26 Mei 2021 dikenal juga dengan Super Blood Moon, karena terjadi saat bulan di Perigee (Bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi).

Dalam khazanah ilmu falak, Gerhana Bulan terjadi bersamaan dengan oposisi bulan–matahari (istikbal). Bulan menempati salah satu di antara dua titik nodalnya, titik potong khayali di langit, sedangkan orbit bulan tepat memotong ekliptika (masir asy–syams), yakni bidang edar orbit bumi dalam mengelilingi matahari.

Sebagai akibat kesejajaran tersebut, pancaran sinar matahari yang menuju ke bundaran bulan akan terhalangi oleh bumi. Maka, peristiwa Gerhana Bulan selalu terjadi di malam hari. Mengingat ukuran bumi lebih besar dibanding bulan dan bergantung kepada geometri pemblokiran sinar matahari saat gerhana, maka bagian bumi manapun yang sedang mengalami malam hari dapat menyaksikan peristiwa gerhana bulan.

Gerhana Bulan Rabu besok akan terjadi dalam 7 fase, fase awal gerhana bulan, gerhana bulan sebagian, gerhana bulan total, puncak gerhana bulan, gerhana bulan total berakhir, gerhana bulan sebagian berakhir, dan gerhana bulan akhir.

Bagi masyarakat Banyumas dan sekitarnya, dapat menyaksikan gerhana bulan sejak fase gerhana bulan total sampai gerhana bulan berakhir, yaitu dari pukul 18.08 WIB sampai pukul 19.26 WIB.

TULIS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda disini
Tuliskan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.