Kemenag Jateng Himbau Umat Islam Laksanakan Shalat Gerhana Bulan

94
Kemenag Jateng himbau untuk shalat gerhana

PURWOKERTO, nubanyumas.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama Republik Indonesia Provinsi Jawa Tengah mengimbau umat muslim khususnya di Jawa Tengah untuk melakukan shalat gerhana bulan.

Imbauan shalat gerhana bulan ini dikeluarkan menyusul akan terjadinya fenomena gerhana bulan pada tanggal 26 Mei 2021 besok. Di Jawa Tengah sendiri, gerhana bulan total terjadi mulai pukul 18.09 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 18.18 WIB dan gerhana akan berakhir pada pukul 20.51 WIB.

“Untuk bersama para ulama, para pimpinan ormas islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat melaksanakan sholat gerhana bulan (khusuf al qomar),” tulis Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Musta’in Ahmad dalam surat himbauannya, Senin (24/05/2021).

“Pelaksanaan shalat gerhana bulan disesuaikan dengan situasi dan kondisi kabupaten/kota masing-masing, dengan menerapkan protokol kesehatan,” lanjutnya.

Seperti diketahui, fenomena gerhana bulan total atau Super Blood Moon dilaporkan akan terjadi di Indonesia pada tanggal 26 Mei 2021.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) fenomena itu akan berlangsung dengan durasi parsialitas selama 3 jam 8 menit 12 detik. Sedangkan durasi totalitas cukup singkat, yakni selama 18 menit 28 detik.

Berita sebelumyaTata Cara Melaksanakan Shalat Gerhana Bulan
Berita berikutnyaSuper Blood Moon Bisa Terlihat Dari Banyumas

TULIS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda disini
Tuliskan nama anda disini