Pelajar NU Kemranjen, Makesta Untuk Cetak Kader Militan

Makesta IPNU IPPNU Kemranjen
Makesta IPNU IPPNU Kemrenjan di MTs Ma'arif NU 4 Kemranjen

KEMRANJEN,nubanyumas.com – Untuk menjadikan organisasi yang ideal dan memiliki kader-kader yang unggul serta memiliki militansi yang tinggi, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta).

Kegiatan ini diadakan selama dua hari Sabtu-Ahad,(16-17/10/2021) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif NU 4 Kemranjen Banyumas. Diikuti oleh 34 peserta dari unsur siswa-siswi setempat.

Wakil Ketua IPNU Kemranjen Teguh Arifin, mengatakan bahwa makesta adalah jenjang pengkaderan pertama di IPNU IPPNU, tujuanya untuk memperkenalkan dasar-dasar organisasi serta struktur dan tujuan organisai kepada peserta makesta.

“Agar mereka, siswa-siswi MTs Ma’arif NU 4 Kemranjen lebih tertarik untuk gabung, menjadi bagian dalam keluarga besar IPNU IPPNU,” katanya.

Teguh menambahkan jika makesta merupakan program kerja yang wajib dilaksanakan dan diikuti oleh setiap kader IPNU IPNU, karena makesta adalah proses kaderisasi yang sah, memiliki petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (Juklak Juknis) yang diatur dalam peraturan organisasi.

Baca Juga : Meriahkan Hari Santri, IPNU IPPNU Pancurendang Akan Gelar Makesta

“Makesta ini proses pengkaderan formal pertama, menjadi pintu masuk pertama yang wajib diikuti untuk memahami organisasi IPNU IPPNU lebih dalam lagi,” lanjutnya.

Margaretha Dea Priscillia, panitia kegiatan menjelaskan dalam makesta ini terdapat lima materi yang disampaikan kepada peserta yakini, materi Aswaja dan Ke NU an, Wawasan Kebangsaan, Kepemimpinan, ke IPNU IPPNU an serta materi tentangĀ  Corp Brigade Pembangunan dan Korp Pelajar Putri (CBP KPP).

“Kami, panitia berharap peserta bisa memahami seluruh materi tersebut, karena materi tersebut merupakan bekal dasar yang wajib dipahami oleh setai kader,” tegas perempuan yang akrab disapa Dea itu.

Penulis : Diana Fatma Dewi

Berita sebelumyaResolusi Jihad NU dan Sejarah Hari Santri Nasional
Berita berikutnya53 Pelajar NU Cilongok Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis

TULIS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda disini
Tuliskan nama anda disini