Sowan Para Kiai, Menteri Agama Berburu Berkah

25
Menag sowan kiai berburu berkah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat sowan ke KH Achmad Chalwani pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi, Berjan, Gebang, Purworejo,

PURWOKERTO, nubanyumas.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, untuk kali pertama, melakukan kunjungan, sowan kepada sejumlah ulama dan kiai pesantren di Pulau Jawa.

Dalam silaturrahmi tersebut merupakan sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban tahun ini. Sekaligus untuk memohon doa agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Selain memohon ziyadah doa untuk keselamatan bangsa, Menag dalam kunjungan kerja itu juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan Idul Adha dan pelaksanaan kurban,” kata Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo seperti dikutip NU Online di Semarang, Selasa (29/6/2021).

Menurut Gus Yaqut sapaan akrabnya, pemerintah sudah dan terus berjuang secara lahir dalam menangani pandemi, baik melalui mekanisme penanganan medis, vaksinasi, maupun upaya preventif-kuratif lainnya. Sebagai bentuk tawakal kepada Allah, upaya-upaya tersebut harus diperkuat dengan ikhtiar batin dengan doa dari para kiai dan seluruh masyarakat Indonesia agar pandemi segera terkendali.

“Doa adalah bagian terbaik sebuah ikhtiar. Semoga Tuhan menyelamatkan kita semua, menjaga negeri ini dan segera mencabut ujian pandemi ini,” harapannya.

Perjalanan Menag diawali dengan sowan ke sejumlah pesantren di Cirebon. Menag sowan dan minta doa untuk Indonesia kepada Pengasuh Pesantren Kempek Cirebon yang juga Rais Syuriah PBNU, KH Muhammad Musthofa Aqiel.

Selain itu juga sowan kepada pengasuh pesantren Babakan Ciwaringin, sesepuh Buntet Pesantren yang juga Mustasyar PBNU KH Adib Rofi’uddin Izza. Di Jawa Barat, silaturahim ditutup dengan sowan ke Habib Thohir bin Yahya di Semplo, Palimanan.

Baca Juga : Kemenag Banyumas: Pesantren dan Lembaga Pendidikan Islam Harus Disiplin Prokes

Kemudian ujarnya, dilanjutkan sowan ke Rais Aam Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Muktabarah An-Nahdliyah (Jatman) Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan. Dari Pantura Jateng menyusur Jateng selatan bersilaturahim ke Pesantren API Tegalrejo Magelang KH Yusuf Khudlori, Pesantren Roudlatut Thulab Magelang, Pesantren An-Nur Purworejo, Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo KH Chalwani.

“Di Yogyakarta bersilaturahim ke KHR Haidar Affandi Pengasuh Pesantren Al-Munawir Krapyak dan Pesantren Pandanaran Yogyakarta. Di kota Gudeg ini Menag juga sowan ke kediaman Habib Hilal di Kota Yogyakarta. [*]

Berita sebelumyaKOPERASI Sebagai Ruang Aktualisasi “MABADI KHOIRO UMMAH”
Berita berikutnyaTanda Seorang Mu’min Mencintai Allah SWT

TULIS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda disini
Tuliskan nama anda disini