Full Bahasa Arab! Syaikh Toha Mesir – Mahasantri Ma’had Aly Andalusia Leler Ngaji Kitab Faroid

BANYUMAS, nubanyumas.com – Ramadhan 1444 H kali ini terasa istimewa bagi mahasantri Ma’had Aly Andalusia, Kebasen, Banyumas. Santri asuhan KH Zuhrul Anam Hisyam bekesempatan ngaji Ramadhan dengan Syaikh Toha Abdulwahab Arrosikh dari Al Azhar, Mesir.

Syaikh Toha utusan resmi Al Azhar, Mesir itu membaca Kitab ‘Adduror Al Luluiyyah’ karangan Syaikh Abdul Fattah bin Hayyan. Kajian ini khusus untuk mahasantri Mahad Aly Andalusia, dilakukan setiap pukul 21.00-22.00.

Kitab tersebut merupakan syarah dari Kitab Ath Tuhfah As Saniyyah Fi Ahwalil Warosah al Arba’iniyyah. Sebuah kitab pembahasan faroid yang sering jadi permasalahan di tengah masyarakat.

“Kitab tentang faroid ini gampang dilupakan, jadi harus sering dibahas,” kata Syaikh Toha saat khataman kitab, 20 Ramadhan 1444H, Senin (10/4/2023).

Info Pendaftaran Santri Baru dan Mahasantri Andalusia KLIK DISINI

WhatsApp Image 2023 04 07 at 12.58.03 - NU Online BanyumasNgaji ini menarik, karena Syaikh Toha full menyampaikan dalam bahasa Arab. Dalam penyampaianya, Syaikh Toha juga kerap menerangkan dan meminta mahasantri aktif bertanya.

Mahasantri merupakan sebutan untuk ‘mahasiswa’ di Ma’had Aly Andalusia. Ma’had Aly sendiri merupakan perguruan tinggi pesantren di bawah Yayasan Al Anwar Al Hisyamiyyah. KH Zuhrul Anam Hisyam bertindak menjadi mudir (rektor). Adapun nprodi Mahad Aly Andalusia adalah bahasa dan sastra arab.

Sementara itu, KH Zuhrul Anam Hisyam sebagai Pengasuh Pones At Taujieh Al Islamy 2 Andalusia juga ngaji balagh selama Ramadhan. Termasuk Ny Rodliyah Ghorro MZ, istri Gus Anam juga sama. Kajian selama Ramadhan Gus Anam bisa disaksikanĀ  di channel youtube : Andalusia Hibbana dan Gus Anam Channel.

Kontributor : Djito El Fateh

 

Tulisan sebelumnyaDaftar UIN Saizu Purwokerto Masih Bisa? Tersisa Jalur Masuk Apa Saja..
Tulisan berikutnyaYuk! Daftar Kuliah di UNU Purwokerto. Tersedia 17 Prodi Pilihan

TULIS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda disini
Tuliskan nama anda disini