Rajaban Itu Tentang Ketaatan Kepada Pimpinan

64
Ketua Tanfidzyah NU Ranting Jingkang, Ahmad Nurudin (Kifayatul Ahyar)

AJIBARANG, nubanyumas.com – Untuk menjaga tradisi dan sebagai bentuk cinta kepada Nabi Muhammad SAW, Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda Ansor Desa Jingkang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas mengadakan peringatan isra mi’raj atau rajaban. Kegiatan yang diadakan, Senin, (22/02/2021) malam itu digelar di Madrasah Diniyah (Madin) Sabilusa’adah Karang Nangka, dan sebagai pengisi acara rajaban, rais syuriah NU Jingkang Kiai Slamet Fauzi.

Agung Setiawan, ketua panitia kegiatan mengatakan, peringatan isra mi’raj merupakan sebuah upaya untuk menjaga tradisi nahdilyin serta untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa tersebut.

“Dari peristiwa tersebut, kita bisa mengambil pelajaran yang dapat menjadi motivasi untuk mengembangkan organisasi ansor kepadanya,” katanya.

Pria berkaca mata itu melanjutkan, salah satu pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa isra mi’raj adalah ketaatan kepada pemimpin. Agung menceritakan salah satu peristiwa ketika Nabi Muhammad pertama kali mengumumkan kepada umat tentang peristiwa yang dialaminya. Orang-orang kafir saat itu tidak percaya dan menganggap bahwa Nabi Muhammad gila, tapi sahabat Abu Bakar dengan tegas mengatakan percaya dengan apa yang dikatakan oleh Nabi Muhammad.

“Sikap Abu Bakar tersebut itulah yang perlu kita contoh, yaitu sikap taat dengan apa yang dikatakan pimpinan, siap melaksanakan instruksi pimpinan, dan sikap optimis terhadap pimpinan,” lanjut Agung.

Sebagai organisasi yang bernaung di bawah bendera besar nahdlatul ulama, ansor banser harus taat dengan apa yang diperintahkan oleh pimpinan NU, patuh dengan semua kebijakan NU serta mengawal kebijakan NU.

Tanfidzyah NU ranting Jingkang, Ahmad Nurudin mengapresiasi seluruh kegiatan yang telah ansor banser Jingkang lakukan, baik kegiatan internal maupun kegiatan eksternal. Nurudin merasa peran serta ansor dalam kegiatan bermasyarakat di Desa Jingkang sangatlah besar, salah satunya dalam kegiatan yang bersifat sosial.

“Peran serta Ansor dalam kegiatan di lingkungan masyarakat Jingkang sangat dapat dirasakan, anggota Ansor Banser Jingkang selalu terdepan dalam kegiatan sosial masyarakat yang ada di Desa Jingkang,” jelas pria yang juga menjadi angota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) itu.

Nurudin berharap, Ansor Banser memiliki peran yang lebih luas lagi, tidak hanya peran dalam bidang sosial tapi juga berperan dalam bidang yang lain lagi, seperti ekonomi dan pembangunan karakter masyarakat.

“Saya berharap, Ansor Banser bisa terus meningkatkan perannya dalam bidang ekonomi dan pembangunan karakter masyarakat,” pangkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here