Entheng Bokonge

65
Entheng Bokonge siap membantu siapa saja

MALAM itu saya mendapat telpon dari seorang dosen sebuah perguruan tinggi Islam yang belum lama ini dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Pendidikan.

Dua jam kami ngobrol via telpon seluler. Dari tema kampus sampai persoalan kampung pinggiran. Dari kondisi pendidikan di era pandemi sampai nikmatnya menjadi tukang macul di sawah.

Di ahir obrolan, saya bertanya tentang apa yang dilakukan orang tua beliau serta do’a seperti apa yang dipanjatkan kepada Alloh Swt, sehingga anaknya sampai sukses mendapatkan jenjang tertinggi di dunia akademik dan mendapat gelar Profesor pada usia muda, padahal beliau berasal dari keluarga biasa-biasa saja.

Laki-laki dengan suara berat itu menjawab:

“Bapak saya tak pernah bicara apapun tentang do’anya untuk anak-anak. Tapi yang saya tahu, bapak itu orang yang entheng bokonge untuk urusan sesama.” kata Wakil Rektor itu. “Inilah yang menjadikan saya iri, dan sampai saat ini tidak bisa meniru bapak.” lanjutnya.

“Apa yang dimaksud entheng bokonge Prof?”, tanya saya.

“Bapak saya itu sregep sekali untuk melakukan kegiatan yang ada hubungannya dengan orang lain di lingkungan. Selagi mampu dan sehat, ia tak pernah menolak untuk menghadiri pertemuan RT, RW, desa, tahlil di rumah tetangga, kerja bakti, membantu Madrasah yang hampir roboh dan lain sebagainya. Apalagi jika urusannya tentang jenazah, sekalipun ia bukan mudin atau kayim ia akan ikut berpartisipasi sampai jenazah itu dimakamkam…” ujar beliau.

“Artinya, sukses saya, tak semata-mata, usaha sendiri. Saya meyakini peran orang tua begitu besar. Orang tua saya selalu ngendika, berbuatlah kebaikan, ora ketemu neng awak, ya moga-moga ketemu neng anak.”

Begitulah kata Sang Profesor. Saya mengangguk-angguk.(*)

Penulis bergiat di Komunitas Sastra Pinggiran (KOPI) dan Literasi Blakdhen Gumelar. Menulis buku Menembus Batas Logika, Nyanyian Cinta dari Negeri Seberang dan Bercermin pada Pandemi. Saat ini diamanahi sebagai Ketua Tanfidziyah NU desa Ketenger, Baturraden

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here